Memulai Belajar

Banyak pengalaman, rasa, makna yang kualami selama 2 minggu silam. Sampai sekarang tak henti aku bersyukur atas kesempatan yang alhamdulillah masih diberikan kepadaku. Dan ini adalah caraku untuk belajar, mengenalmu lebih dalam sampai aku semakin akrab dengan-Mu Tuhan Pemilik Segala Keindahan.
       Dua minggu tepat aku disini, tinggal di sebuah rumah di dusun kecil Kabupaten Karawang.  Bersama keempat temanku yang sangat baik hatinya aku mengemban amanah untuk belajar dan merbagi dalam kegiatan KKN-T dari institusi pendidikan kami, Institut Pertanian Bogor. Tema yang kami usung kali ini adalah "Pengintegrasian Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian Masyarakat dalam Pengarustamaan Pertanian Indonesia". Berat bukan bahasanya? haha tapi yah anggaplah itu salah satu cara kami untuk mengabdi kepada bangsa dan negara tercinta dengan mengamalkan ilmu yang telah kami peroleh di bangku kuliah.
    Kehidupan desa yang tentram membuat kami nyaman dengan segala isinya. Keramahan serta kebaikan aparat desanya, masyarakatnya, lingkungannya, anak-anaknya dan sawah hijau yang membentang adalah bagian dari bahagia kami disini. Kami, khususnya aku banyak belajar dan mendapatkan ilmu baru dari para petani cerdas yang memiliki pengalaman luar biasa dalam pengembangan pertanian negeri. Mereka menjadi bukti bahwa pertanian bukan hanya sekedar tanam lalu panen, akan tetapi pertanian adalah kesungguhan dari para petani yang mengolah sawah dengan kekompleksan pengalaman dan pengetahuan yang dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan perut segala bangsa. Banyak keindahan pula yang dapat kami dapatkan disini, kebersamaan dan kekompakan menjadi salah satu diantaranya. Kenampakan hijauan helai padi membuat matamu tak bosan untuk memandang. Semakin bangga dengan Agraris mu wahai Negeriku. 
Semoga malai tua yang kini mulai merunduk akan terus digantikan dengan generasi baru hijauan padi muda yang menyegarkan.





Jumat, 29 Juli 2016
Desa Pasirkaliki, Karawang
KKNT IPB 2016


You May Also Like

0 komentar